Apakah Cache di Browser Android perlu dibersihkan ?

Apakah Cache di Browser Android perlu dibersihkan ?- Mungkin anda sudah cukup familiar dengan yang namanya browser atau peramban di android. Banyak sekali aplikasi perambah situs internet yang ada di market-market aplikasi yang diantaranya sangat populer seperti Chrome, Firefox, Opera, safari dan lain sebagainya dengan fitur unggulan masing-masing.
apa perlu bersihkan cache

Di berbagai jenis broswer, baik itu di sistem android maupun di PC ada yang namanya Cache, dimana fungsi cache adalah menciptakan file dan ruang khusus untuk mendokumentasikan riwayat jelajah penguna di media penyimpanan.

Baca Juga

Harus dibedakan, bahwa cache tidak sama dengan Log, yang mana LOG merupakan riwayat yang didokumentasikan menurut perintah sistem secara khusus layaknya sistematika alur. Sedangkan cache memfungsikan dirinya lebih luas lagi lebih dari membuat alur aktifitas aplikasi namun juga menyimpan setiap aktifitas pengguna browser ketika menjelajahi setiap detail situs yang dikunjungi.

Maka jangan heran bila semakin hari ruang penyimpanan semakin terkuras kapasitasnya karena cache data akan terus bertambah seiring meningkatnya aktifitas pengguna browser itu sendiri. Logika sederhananya, contoh anda membuka satu situs tertentu dan menjelajahi setiap artikel yang ada di situs tersebut maka jelajah anda melakukan klik di setiap sudut situs akan menciptakan data cache di ruang penyimpanan pnsel.

Fungsi cache Browser secara garis besar akan menguntungkan pengguna aplikasi peramban tersebut untuk membuka ulang halaman situs yang pernah dia singgahi. Contoh, anda baru pertama kali membuka Beranda situs Dunia Android ini, nantinya ketika anda kembali lagi ke situs halaman beranda situs ini kecepatannya akan melebihi dari pertama kali anda berkunjung karena jejak anda sudah tersimpan di media penyimpanan dan diloading secara cepat dengan melakukan bypass tanpa menunggu unduhan data internet secara keseluruhan untuk merayapi halaman beranda tersebut.

Perlukah menghapus cache di Browser android ?






Nah, yang sekarang banyak jadi pertanyaan adalah, perlukah pengguna android untuk melakukan pembersihan terhadap cache yang banyak menumpuk tersebut ?, silahkan simak jawabannya di bawah ini

1. Perlu Hapus Cache Browser

Untuk jawaban yang pertama adalah perlu menghapus cache data apabila anda merasa ruang penyimpanan sudah terlalu sesak kapasitasnya. Dengan menghapus cache data di aplikasi browser maka akan sangat berpengaruh terhadap bertambahnya kapasitas memori ponsel.

Lalu bagaimana efeknya setelah menghapus cache di browser ?, efeknya sebenarnya tidak akan begitu terasa, Kecepatan akses browser terhadap situs yang pernah anda singgahi sebelumnya akan sedikit berkurang, namun itu hanya sementara waktu, ketika anda berulang mengunjunginya akan terasa normal kembali dikarenakan sudah tercipta cache data kembali, Toh koneksi internet saat ini sudah kenceng kan ?

2. Tidak perlu hapus cache Browser






Untuk jawaban ini juga dianggap sangat jitu bila anda tidak bermasalah dengan kapasitas memori penyimpanan dan juga kinerja multitasking yang masih lancar karena padatnya cache data.

Mungkin anda termasuk yang maniak browsing dan hemat akan kuota, nah opsi tidak menghapus cache di browser termasuk langkah tepat.
Bagaimana sudah siap dengan pilihan hapus cache browser atau tidak ?, semua memang tergantung dari si pemilik dan pengalaman pengguna browser smartphone pribadi. Semoga tips dan ulasan Dunia android diatas bermanfaat untuk pembaca semua.

Leave a Comment